Yuk, Kita Wisata Literasi di Perpustakaan

Liburan kali ini betul-betul juara ya. Hanya tinggal disekitaran rumah saja. Heheh secara kita hanya bisa melakukan liburan, dengan kegiatan mengisi waktu dengan aktivitas di rumah saja.

Jangan tanya ini itu dulu, tahu dong kalau urusan kantong dan dompet ditanggal tanggung-tanggungnya. Menangis apa yang harus ditangisi. Tersenyum ternyata lebih memberi kuat menatap hidup.

Kali ini penulis ingin sekali mengajak wisata literasi di perpustakaan. Bagaimana sih wisata literasi di perpustakaan itu?

Sebenarnya wisata juga bisa loh dilakukan di sebuah perpustakaan. Apalagi perpustakaan se_elit Perpustakaan Nasional. Wah, bisa-bisa kita lupa balik ke rumah tuh. Saking nyamannya.

Segala fasilitas tersedia. Namanya Perpustakaan Nasional, tentu didalamnya terdapat berbagai koleksi dan fasilitas yang sudah serba digital.

Mulai dari bangunan gedung yang super tinggi dengan tingkatan lantai sesuai dengan peruntukannya.

Mulai dari awal masuk kedalam gedung baru itu, kita pastinya akan takjub juga melihat seperti menara yang memang sangat tinggi.

Kita bisa mulai wisata literasi dari awal masuk. Kita akan dipandu dengan pentunjuk atau bisa juga ditemani para pustakawan yang sudah paham akan etika layanan yang harus mereka laksanakan di Perpustakaan, dimana pun pustakawan bekerja sebagai seorang profesional.

Bisa diingat, untuk perpustakaan itu sekarang telah mengubah paradigma lama yang tentu kini dirubah menjadi sebuah jasa layanan yang super prima. Dimana pemustaka adalah raja yang harus selalu dilayani.

Tidak lagi disebut pustakawan yang hanya dianggap penunggu gudang buku loh ya. Pustakawan pun memiliki kode etik yang bisa membuat mereka lebih percaya diri dan memberikan pelayanan dengan hati nurani yang harus selalu dikedepankan.

Hanya segelintir orang yang suka mencerca, memberi pendapat kalau pustakawan itu tidak berguna. Eits, jangan salah. Mereka sesungguhnya manusia-manusia yang super duper dengan segala aktivitasnya, mengusung layanan prima kepada khalayak pemustakanya.

Sejak awal masuk ke Perpustakaan, tentu kita akan tahu apa yang kita cari. Masuk ke meja pelayanan, dengan mulai mendaftar menjadi anggota.

Melihat koleksi yang ada dengan melacaknya di OPAC. Katalog yang berbentuk online, dengan sangat mudah kita bisa mencari informasi kolekasi yang kita cari, untuk perpustakaan digital.

Jangan salah, kita disinipun banyak disediakan fasilitas super, sehingga apapun bisa dengan mudah segera terlayani.

Bukan hanya koleksi dan ruang baca, cafe pun tersedia untuk menambah suasana lebih nyaman.

Namun karena pandemik, perpustakaan membatasi kegiatan secara langsung. Peminjaman sirkulasi dapat dilaksanakan secara online juga loh. Kita hanya meng_klik ajuan peminjaman, maka secara langsung pustakawan akan melayani dengan segala kemudahan yang didapatkan pemustaka.

Dengan smart box pemustaka bisa langsung mengambil buku yang dipinjam tanpa harus bertatap muka, koleksi yang dipinjam cukup mengambilnya di box yang sudah teraedia.

Ternyata wisata juga bisa dilakukan di perpustakaan ya, salah satunya dengan berwisata literasi di perpustakaan. Kita bisa menjadi tahu, fasilitas apa saja yang tersedia di perpustakaan.

Karena kenyamanan bagi pemustaka itu sangat dikedepankan, maka jangan salah, mereka yang datang akan diperlakukan dengan baik.

Karena tugas utama seorang pustakawan itu, untuk memberikan layanan prima. Dengan tentunya akhir yang diharapkan yaitu informasi yang dicari dapat diterima secara cepat, baik dan akurat.

Bukan seorang pustakawan jika tidak dapat membagi senyum. Wisata literasi_pun akan semakin dirasakan nyaman bagi semua khalayak yang datang.

Yuk, kita wisata literasi di perpustakaan. Banyak cara untuk mendapatkan bahagia, sekaligus pengetahuanpun bisa didapat secara akurat.

Rumah Media Grup / Allys Setia Mulyati
Foto : dokumen pribadi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.