Anda Ingin Sukses dalam Pekerjaan

Challenge Batch 3

Setiap orang pasti punya cita-cita ingin menjadi orang yang sukses, baik dalam keluarga maupun pekerjaan. Ada banyak hal yang mereka lakukan untuk mencapai kesuksesan itu. Mereka mencoba meniru, bagaimana orang-orang lain bisa mencapai kesuksesannya. Ada yang menjiplak ciptaannya, ada yang meniru kemudian memodifikasi ada pula yang mencatat kesulitan dibalik kesuksesan yang mereka alami, menjadikan pembelajaran menuju sukses yang didapatkan.

Marilah kita coba kiat-kiat untuk menjadi sukses seperti berikut ini.

1. Jadikan Pekerjaan Sebagai Hobi!

Pernahkah anda berpikir, saya ingin sukses dalam pekerjaan. Jika jawabannya ya, maka cobalah untuk melakukan pekerjaan anda sebagai hobi. Hobi memberikan arti suatu pekerjaan dilakukan sebagai suatu kesenangan. Ingat bukan bakat.

Orang yang mengerjakan pekerjaan dengan senang, niscaya dia bekerja dengan  enjoy. Andai pekerjaan itu sesuatu yang tidak kita suka, maka lupakanlah. Jalani saja dan lakukan dengan senang. Percayalah jika melakukan dengan senang, anda akan bisa menangani pekerjaan menjadi lebih ringan, tanpa beban dan anda akan mampu menciptakan suatu kreativitas.

2. Value
Orang berjiwa sukses memperhatikan “Value”, orang biasa memperhatikan “Uang”.
“Value” itu seperti apa?
“Value” dalam arti memberikan makna bagi hidup, memberikan kekayaan pengalaman. Dari sanalah tabungan hidup bisa kita gunakan untuk berbagi kepada sesama manusia yang sedang memulai meniti karir.


3. Tantangan

Hindari zona nyaman dan aman. Berada pada zona aman itu memang nyaman. Aman tidak melawan arus, aman tidak perlu bekerja keras, aman tidak perlu merubah kebiasaan. Anda memang sedang aman tetapi anda menjadi orang yang biasa saja. Tidak mempunyai arti apa-apa.

Menghindari ini carilah tantangan. Tantangan apa yang bisa dilakukan? Lakukan sesuatu yang berbeda dari biasa, di mana tantangan itu akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa. Jika anda seorang guru, jadilah guru yang bukan hanya menyampaikan materi kepada siswa. Namun guru yang mampu menginspirasi, yang membuat siswa mampu mencipta, membuat siswa memiliki karakter melalui terapan. Jika anda seorang pedagang, maka ciptakan dagangan yang berbeda dengan yang lain, bukakan lapangan kerja bagi orang lain, bukan hanya untuk diri sendiri.

4. Biarkan Keseimbangan dalam Pekerjaan

Jadwalkan “quality time” bersama keluarga, agar anda tidak mengalami kejenuhan dalam pekerjaan, agar energi yang tercurahkan oleh upaya tantangan bisa landai dan terisi kembali setelah menghadapi suasana yang berbeda.
Atau lakukan enjoy life, misalnya memancing, menyanyi, gowes. It’s very simple deh.

4. Harmonisasi

Ciptakan harmoni dalam kehidupan anda. Harmoni merupakan keindahan yang di dalam keindahan itu, bertujuan untuk menyatukan nada-nada yang berbeda menjadi sesuatu yang indah.

Membangun harmoni dalam pekerjaan sangat penting, karena keharmonian dalam suatu pekerjaan akan membawa kita pada sebuah penyamaan persepsi yang selaras dalam gerak. Jika anda seorang pimpinan dalam sebuah bisnis, Anda wajib menciptakan harmonisasi agar seluruh pekerja terarah dalam satu tujuan dengan keselarasan pemikiran. Dalam bahasa sederhananya, harmoni disini merupakan sebuah keindahan di mana di dalamnya menyiapkan ide-ide yang berbeda untuk membangun dan bergerak mencapai tujuan. Dalam hal ini harmoni lebih menekankan kepada keberadaan perbedaan pada posisi masing-masing, tidak menumbuhkan paksaan. Namun mampu menciptakan keharmonisan.

Jalani seluruh pekerjaan dengan kerja keras dalam menghadapi tantangan, namun tetap nyaman dalam bekerja karena anda bisa menciptakan harmoni yang indah dalam kehidupan kerja anda.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.