Bertahan Hidup di Masa Pandemi

Bertahan Hidup di Masa Pandemi

Sudah sebulan lebih masyarakat melaksanakan stay at home. Tentunya hal ini sangatlah berpengaruh terhadap berbagai sendi kehidupan terutama pada segi ekonomi. Memasuki bulan kedua mulai banyak reaksi masyarakat baik yang bersifat motivasi maupun keluhan di sana sini. Apa yang dikhawatirkan banyak pihak mulai terbukti. Di berbagai media mulai muncul pemberitaan tentang kejahatan dan kerusuhan di masyarakat akibat terjepitnya ekonomi.

Sebenarnya ini bukanlah hal yang tidak bisa diprediksi. Jauh di masa awal pandemi covid 19 banyak yang sudah mengingatkan akan terjadi hal seperti ini. Bayangkan saja bagaimana drastis turunnya sektor bisnis karena semua orang harus me lockdown diri dan keluarganya dan tetap bertahan untuk tinggal di rumah demi meminimalisir penyebaran covid 19.

Untuk mengatasi kesulitan ini banyak terobosan baru yang dilakukan para pelaku bisnis terutama bisnis rumahan untuk bertahan dalam situasi pandemi. Mereka yang biasanya hanya menjual offline sekarang mulai melirik dan mulai belajar strategi penjualan online. Dengan demikian pundi pundi rupiah tidak sampai berhenti mengalir. Beberapa ada yang mulai banting setir mencoba usaha lain yang bisa dijalankan di rumah. Misalnya ibu-ibu yang mulai memproduksi masker kain atau mencoba bisnis kuliner rumahan.

Ketika kita keluar untuk suatu keperluan kita bisa melihat banyak hal baru di luar. Di beberapa daerah terlihat banyak yang mulai menggelar meja di depan rumahnya dengan dagangan bensin eceran misalnya. Ada juga yang mendadak menjadi penjual sembako. Semua hal ini diikhtiarkan untuk tetap mengalirkan pundi rupiah demi kelangsungan hidup keluarga tercinta di rumah.

Apapun usaha yang dilakukan seseorang tidak akan dibiarkan sia-sia oleh Tuhan yang Maha Kaya. Di situasi yang seperti ini tetaplah berperan positif bagi lingkungan sekitar. Usahakan selalu menjadi penyejuk dan berbagi sebisa mungkin. Jangan lupa bahwa Allah tidak akan menyia-nyiakan amal baik seseorang meskipun itu hanya sekecil biji sawi.

Rumahmediagrup/muslimatulfaiqoh

Satu respons untuk “Bertahan Hidup di Masa Pandemi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.