Ramadhan Full Berkah Dalam Suasana Wabah

Ramadhan Full Berkah Dalam Suasana Wabah

    Ada yang berbeda dengan Ramadhan kali ini. Umat Islam sedunia menjalankannya di tengah mewabahnya virus corona. Virus yang meminta mereka untuk lebih banyak berdiam di rumah, guna antisipasi penyebaran virus ini lebih meluas.  

    Lantas, bagaimana dengan kegiatan ibadah yang menjadi ciri khas bulan Ramadhan? Di antaranya shalat Tarawih yang biasa dilaksanakan berjamaah di masjid atau mushalla. Tak ayal, virus ini pun membawa dampak turunnya himbauan pemerintah untuk cukup menyelenggarkannya di rumah masing-masing.     

    Allah pula yang menakdirkan segala yang terjadi di muka bumi ini, begitu pun Ramadhan tahun ini terjadi bersamaan dengan merebaknya Covid-19. Tentu, hal ini tak lantas membuat berkecil hati, setiap muslim tetap dituntut untuk mengoptimalkan detik demi detik waktunya di bulan suci ini, sehingga selepasnya telah mendapat ampunan dari Rabb atas dosa-dosa dan kesalahan diri.

    Demi ibadah Ramadhan menuai berkah meski di tengah terpaan wabah, tentu dalam pelaksanaannya mesti didasari atas ilmu. Untuk langkah awal sebagai motivasi diri, perlu dipelajari terkait keistimewaan bulan Ramadhan dan keutamaan orang yang berpuasa, suka citanya para shalafus shalih dalam menyambut kedatangan bulan sebaik-baik bulan serta bagaimana upaya dan kesungguhan mereka dalam menghidupkan siang dan malamnya.

     Berlanjut kepada mempelajari fikih puasa atau hal-hal teknis terkait pelaksanaan ibadah puasa itu sendiri, seperti memahami syarat dan rukunnya, perkara-perkara yang diperbolehkan dan yang membatal-kan ibadah shaum, sunnah-sunnah puasa, hal-hal yang dapat mengurangi atau merusak nilai ibadah puasa, amalan-amalan utama Ramadhan serta permasala-han-permasalahan kekinian terkait puasa (kontemporer).

      Berbekal ilmu yang mumpuni dalam menjalankan ibadah puasa dan keseriusan dalam mengaplikasi-kannya, maka Ramadhan kali ini, meski diselimuti oleh pandemi yang membatasi ruang gerak dan waktu, namun tak membatasi umat muslim sedunia dalam menjemput ampunan dan meraih keberkahan Ramadhan dalam momen istimewa, Ramadhan syahrul mubarak, syahrul maghfirah. (rumahmediagrup/wahyudinaufath)

Link download e-book panduan puasa: http:bit.ly/DownloadPanduanPuasa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.