Tips Mengkonsumsi Kafein Supaya Sehat

Tips Mengkonsumsi Kafein Supaya Sehat

Banyak orang mengira bahwa kafein yang terdapat pada kopi atau teh hanyalah menjadi sumber penyakit. Ada kepercayaan di masyarakat umum bahwa mengkonsumsi kafein bisa menyebabkan beberapa penyakit. Padahal kafein merupakan antioksidan yang sangat ampuh. Jika dikonsumsi dengan takaran yang benar kafein memiliki banyak sekali manfaat.

Bennet Alan Weinberg dan Boni K. Bealer, seorang peneliti di Universitas Temple Amerika Serikat mengungkapkan dalam buku mereka The Miracle of Caffein beberapa manfaat kafein adalah sebagai penenang dan bisa mengatasi jet lag, untuk media relaksasi dan meditasi, mengasah pikiran, melejitkan kreatifitas, membangun emosi positif, meningkatkan keterampilan atletik, menurunkan berat badan, dan memiliki kandungan zat untuk awet muda.

Manfaat yang disebutkan di atas bisa dicapai dengan maksimal apabila kafein dikonsumsi dalam takaran yang pas dan tidak berlebihan. Takaran yang dianjurkan dalam sehari adalah tidak melebihi 500 sampai 600 mg kafein atau setara dengan 3-4 cangkir kopi dengan ukuran sekitar 180 ml. Anda masih bisa mengkonsumsi lebih dari ini dengan catatan tubuh anda masih bisa merespon baik. Karena respon kafein pada setiap orang berbeda-beda. Dan ketika anda merasa tubuh tidak nyaman, itu berarti kafein harian yang anda konsumsi terlalu banyak, sehingga anda bisa mengurangi dosisnya.

Kandungan kafein yang terdapat pada makanan atau minuman berbeda-beda. Kopi arabica memiliki kandungan kafein lebih sedikitdaripada kopi robusta. Dan teh memiliki kandungan kafein yang lebih rendah lagi. Makanan lain yang juga mengandung kafein adalah coklat.

rumahmediagrup/muslimatulfaiqoh

Referensi. The Miracle of Caffein

Bennet Alan Weinberg n Bonnie K Bealer

Satu respons untuk “Tips Mengkonsumsi Kafein Supaya Sehat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.