5 Tips Agar Anak Balita Cinta Membaca

5 Tips Agar Anak Balita Cinta Membaca

Assalamualaikum pengunjung web rumah media.

5 Tips Agar Anak Balita Cinta Membaca

Setelah sekolah diliburkan karena corona dan anak-anak belajar di rumah, salah satu kegiatan yang bisa dilakukan adalah membaca. Membaca adalah jendela dunia, quote inilah yang menjadi salah satu dasar mengapa kita, khususnya orang tua perlu membangun rasa cinta membaca. Sebab dari membacalah anak-anak akan belajar banyak hal, mulai dari permasalahan hidup hingga ilmu pengetahuan.

Selain itu, tugas orang tualah yang mendidik anak-anaknya. Anak-anak adalah titipan yang bisa menjadi cobaan maupun pahala bagi kedua orang tuanya. Seperti tertuang dalam Alquran surah Al-Anfal ayat 27-28, yang artinya:
27. Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul (Muhammad) dan (juga) janganlah kamu mengkhianati amanat-amanat yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui.
28. Dan ketahuilah, bahwa hartamu dan anak-anakmu itu hanyalah sebagai cobaan dan sesungguhnya di sisi Allah-lah pahala yang besar.

Ayat-ayat itulah yang menjadi motivasi orang tua, khususnya kami dalam mengenalkan buku-buku dan kegemaran membaca. Agar mereka kelak bisa mentadaburi setiap peristiwa yang terjadi dalam kehidupan ini. Nah, mau tahu bagaimana caranya kami menanamkan cinta membaca? Ikutin terus tulisannya di sini, ya.

1. Memberikan teladan atau contoh

Orang tua sebagai contoh

Jika ingin memberikan perintah, akan lebih mudah bila menggunakan contoh atau teladan dari orang-orang terdekatnya terlebih dahulu, khususnya orang tua. Menginginkan anak suka membaca ya, orang tuanya rajin membaca depan anak-anak.

2. Bermain ke Perpustakaan itu Asyik

Perpustakaan Asyik

Walaupun sedang di rumah saja, kita juga tetap bisa berkunjung dan bermain ke perpustakaan kok. Lo, kok bisa? Iya bisa dong, sebab perpustakaan nasional punya aplikasi ipusnas. Kita bisa pinjam buku apa saja deh, di situ. Selain ipusnas, masih ada aplikasi lain seperti ijak (perpustakaan jakarta), iyogja (perpustakaan jogja), dan lain sebagainya.

3. Buku itu Aset Sepanjang Masa

Buku Aset Sepanjang Masa

Masih ingat dengan quote di atas tadi? Membaca adalah jendela dunia. Inilah yang saya gaungkan ke anak-anak. Saya mengenalkan ke mereka bagaimana asyiknya membaca, kita bisa mengetahui banyak hal. Saya juga memberikan informasi kalau buku itu adalah aset sepanjang masa.

4. Berikan buku-buku yang bermanfaat

Buku-buku bermanfaat

Bagi anak-anak setiap hal-hal baru, pengetahuan baru, dan pengalaman baru yang dialami bagi mereka sungguh berharga. Oleh sebab itu, berikanlah buku-buku yang bermanfaat sesuai tahapan usiannya. Semakin mereka menikmati membaca, semakin banyak juga kita, sebagai orang tuanya, menyediakan buku-buku yang bermanfaat.

5. Membaca itu salah satu quality time bagi keluarga

Membaca Nyaring bagi Balita

Agar anak balita suka membaca, jadikanlah momen membaca bagi mereka menjadi waktu yang membahagiakan. Salah satu caranya adalah dengan membaca nyaring. Bisa juga membaca nyaringnya sambil mengubah-ubah suara bila berganti karakter, intinya usahakan membaca menjadi momen quakity time bagi keluarga.

Itulah 5 tips agar anak balita suka membaca. Kira-kira poin manakah, yang menjadi favorit sahabat Rumedia, ketika membaca dengan si kecil? Ditunggu sharingnya di kolom komentar, ya.

Sumber: https://www.talitha-rahma.com/2019/09/5-tips-membangun-rasa-cinta-membaca-pada-anak-ala-lithaetr.html

rumahmediagrup/lithaetr

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.