7 Tips Menjaga Kesehatan Selama Liburan

7 Tips Menjaga Kesehatan Selama Liburan

Akhir tahun identik dengan liburan panjang. Banyak dari kita pasti sudah memiliki rencana bepergian liburan bersama keluarga. Baik itu liburan di dalam kota maupun ke luar kota, dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun fasilitas transportasi publik.

Agar momen bersama keluarga berjalan maksimal, ada baiknya untuk mulai menjaga kesehatan. Liburan seringkali memicu timbulnya penyakit yang umumnya disebabkan oleh kelelahan atau penyebaran kuman. Agar tetap sehat selama liburan dan terhindar dari penyakit, simak tips-tips berikut ini :

1. Persiapkan kesehatan sejak jauh-jauh hari
Siapkan kesehatan secara ekstra, terutama bagi Anda yang merasa rentan sakit di kala liburan. Caranya dengan rutin berolahraga, menjaga pola tidur berkualitas, dan menjalankan pola makan sehat dengan asupan gizi seimbang. Sehingga tubuh menjadi lebih prima, tidak mudah jatuh sakit.

2. Tetap aktif bergerak
Jika Anda memanfaatkan waktu liburan di rumah atau di dalam kota saja, jangan sampai jadi malas berolahraga. Sekalipun liburan, olahraga tetap harus dilakukan. Olahraga sederhana di dalam rumah, jogging di taman, atau mengajak teman untuk bermain bulu tangkis, bisa menjadi pilihan. Dengan begitu, tubuh tetap bergerak aktif selama liburan.

3. Minum cukup air
Menghabiskan liburan di luar rumah seringkali membuat tubuh kurang cairan. Jika kekurangan cairan, tubuh akan terasa lemas dan muncul berbagai gejala lainnya, seperti bibir kering maupun sakit kepala yang dapat mengganggu aktivitas. Karena itu, minumlah cukup air selama liburan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh..

4. Tidur cukup
Menjaga kualitas tidur adalah satu hal penting agar tubuh tetap sehat selama liburan. Pasalnya, liburan sering kali membuat seseorang tidur lebih larut untuk menonton televisi, bermain gawai, ataupun bepergian hingga larut malam. Kebiasaan tidur larut malam dapat menyebabkan Anda sakit kepala karena kurang tidur.

5. Rajin mencuci tangan
Salah satu penyebab seseorang tertular penyakit adalah karena terpapar kuman melalui tangan. Ingatlah untuk mencuci tangan, terutama sebelum dan sesudah makan, serta sesudah menggunakan toilet. Bila mencuci tangan dengan sabun, pastikan menggosak tangan dengan sabun selama 20 detik sebelum membilasnya. Jika ingin praktis, sediakan pula pembersih tangan tanpa bilas (hand sanitizers) atau tisu basah yang mengandung antiseptik di dalam tas.

6. Cermat memilih asupan makanan selama liburan
Bepergian ke sebuah tempat yang baru, menggoda kita untuk wisata kuliner atau mencicipi makanan khas di daerah tersebut. Berhati-hatilah dalam memilih jenis makanan, pastikan terbuat dari bahan yang baik bagi kesehatan. Perhatikan pula kebersihan tempat dan kehigienisan dalam proses pengolahan makanan di tempat yang menyajikan makanan tersebut.

7. Hindari stres saat berlibur
Liburan panjang terutama jika bepergian keluar kota, bisa menimbulkan rasa cemas dan stres. Kondisi tersebut tentu membuat liburan jadi tidak tenang. Oleh karena itu, Anda perlu tahu cara meredakan stres. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi stres saat liburan. Melakukan latihan pernapasan, berjalan santai menikmati pemandangan, menulis buku harian, atau melakukan hobi lainnya, bisa mengalihkan Anda dari stres.

Momen liburan sudah seharusnya menjadi saat-saat yang menyenangkan. Jangan sampai masalah kesehatan menjadi gangguan. Selamat berlibur dan bersenang-senang bersama orang-orang tersayang 😊

rumahmediagrup/arsdiani

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.